Thursday, April 19, 2012

MLM#3: Siapapun Bisa Sukses



Dua hal yang sering ditanyakan oleh mereka yang sedang mempertimbangkan untuk terjun ke bisnis MLM adalah
"Apa saya bisa melakukannya?" 
"Apa saya cocok dengan bisnis ini?"
Jujur saya pun bertanya hal yang sama karena satu, saya menganggap diri saya tidak 'pintar' berkomunikasi apalagi meyakinkan orang lain. Dua, saya juga menganggap diri saya tidak 'pintar' menjual. Jangankan menjual barang, menjual kelebihan 'diri' saja saya tidak bisa :p

Tapi jawaban atas dua pertanyaan tersebut adalah : "Ya, Anda bisa" dan "Ya, Anda cocok dengan bisnis ini". Kenapa? Karena perjalanan membangun bisnis MLM itu berbeda antara satu orang dengan orang lain. Mungkin pada beberapa orang yang memiliki keterampilan tertentu,  pengalaman dan kepercayaan diri, perjalanan akan sedikit lebih mudah. Sedangkan pada beberapa orang lain yang tidak memiliki keterampilan , pengalaman dan kepercayaan diri, perjalanan ini menimbulkan tantangan tersendiri yang justru memicu semangat lebih besar.

Yang perlu dipahami adalah, baik mereka yg punya pengalaman atau pun yang tidak punya pengalaman, keduanya bisa  sukses walaupun perjalanan dan waktu yang dibutuhkan akan berbeda.

MLM tersedia untuk berbagai level. Mereka yang tergabung di dalamnya mungkin adalah pedagang, profesional, berpendidikan, tidak berpendidikan, pemalu, periang, tapi dalam bisnis ini semuanya setara dan semua orang bisa sukses. Karena semua orang bisa mempelajari segala hal yang dibutuhkan untuk bisa sukses, yang diperlukan hanya keinginan belajar jika ingin bisnis tumbuh cepat.

Bukan berarti tidak ada yang gagal dalam bisnis MLM. Tak terhitung jumlah orang yang telah gagal dalam MLM, seperti juga tak terhitung jumlah orang yang gagal menurunkan berat badan, serta gagal dalam bisnis konvensional. Tapi apakah itu berarti tidak ada orang yang yang pernah bisa menurunkan berat badan, atau memiliki bisnis yang sukses? Tentu saja tidak.

Kenyataannya, akan selalu ada sejumlah kegagalan dalam sebagian besar usaha, tapi selama ada sejumlah kesuksesan, itu berarti kita juga bisa sukses. Tingkat kesuksesan dan lama waktu yang dibutuhkan mencapainya pasti berbeda-beda antara saya dan Anda. Pastikan kita memiliki dorongan, motivasi, ketahanan dan IMPIAN, untuk membuatnya berhasil.

Jadi jika tiba saatnya untuk memilih bisnis MLM, sekali lagi -
  • Buat keputusan berdasarkan pengetahuan dan informasi yang cukup. 
  • Cari tahu tentang kisah sukses, juga cari tahu tentang kegagalan yang ada dan mengapa mereka gagal.
  • Kumpulkan pendapat yang lengkap dan akurat mengenai kesempatan bisnis ini
kesemuanya itu untuk memastikan bahwa bisnis ini tepat bagi kita dan kondisi hidup kita saat itu. 





No comments:

Post a Comment