Saturday, April 14, 2012

MLM#1: Bagaimana Menemukan MLM Yang Tepat



MLM atau pemasaran jaringan, kebanyakan kita kenal melalui undangan teman yang lebih dulu bergabung, jadi keputusan yang harus kita ambil hanyalah ingin bergabung atau tidak. Jarang sekali orang yang memang sejak awal mencari, membandingkan satu perusahaan dengan perusahaan lain, kemudian memilih dan memutuskan perusahaan mana yang akan dimasuki. hehe.. jadinya seperti dilamar ya dari pada melamar pekerjaan. Betul apa betul?

Saat ini jumlah perusahaan yang berbasis MLM semakin banyak jumlahnya. Model bisnis, struktur, budaya, produk, dan renumerasi mereka juga sangat beragam, dan sangat penting untuk memahami perbedaan variasi dan tidak pukul rata berpikir bahwa semuanya sama.

Trus, bagaimana memilih MLM yang tepat?

Lihat LATAR BELAKANG atau MINAT anda masing-masing.

Contoh, saya memiliki latar belakang keuangan tapi sangat berminat terhadap kesehatan, nah perusahaan MLM yang berspesialisasi dalam bidang kesehatan atau memiliki kategori produk yang besar dalam industri ini paling cocok buat saya. Herbalife, K-Link, Tianshi misalnya. Beberapa perusahaan dengan produk gamat atau jus kesehatan serta herbal menarik perhatian saya untuk mempelajari lebih jauh :)

Nah pada kenyataannya, saya juga memiliki minat dan ketertarikan pada industri kecantikan, dan saya akan mencari perusahaan yang berspesialisasi dalam bidang kecantikan atau memiliki produk kecantikan yang akan menjadi tempat saya mengembangkan minat dan bisnis milik sendiri. Mary Kay, Avon dan Oriflame adalah beberapa perusahaan yang menarik minat saya sejak lama. Ada satu lagi perusahaan Inggris yg jenjang karirnya adalah konsultan warna, sangat menarik buat saya.

Beberapa orang mungkin tertarik pada jasa profesional atau khusus, bagi yang lain mungkin mencari perusahaan yang menyediakan rangkaian produk dan jasa beragam. Atau kita memilih perusahaan yang cocok dengan ketersediaan waktu atau memiliki struktur remunerasi yang paling sesuai dengam sasaran dan impian kita.

Atau kita mencari perusahaan yang mapan karena jaminan akan kelangsungan bisnis atau malah mencari kesempatan awal yang disediakan oleh perusahaan yang baru berdiri.

Apapun alasan Anda, dengan begitu banyak pilihan perusahaan, penting sekali untuk melakukan penelitian dan perbandingan agar bisa menemukan perusahaan yang tepat.

Singkatnya, perhatikan hal-hal ini:
  1. Produk, cari perusahaan yang punya  real product atau service.
  2. PayPlan
  3. Terms n Conditions, perusahaan itu punya atau tidak?
Jika dari ketiganya ada yg meragukan, Anda sudah tahu harus lakukan apa kan? NEXT...




No comments:

Post a Comment